Badminton

Hey readers! Pada postingan kali ini, saya Helena Keicya akan membahas mengenai topik olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia, yaitu teng teng teng........... Selamat membaca!
 

Yep, topik dari postingan kali ini adalah Badminton atau yang biasa sering disebut sebagai permainan Bulutangkis. Di Indonesia khususnya, Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat internasional. Maka tak heran banyak atlet-atlet bulutangkis prosfesional datang dari Indonesia, yaitu Taufik Hidayat, Susi Susanti, Rudy Hartono, Alan Budikusuma, dkk. Mereka adalah atlet-atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia di masa Internasional. Dari tahun ke tahun, Indonesia selalu memborong piala-piala pada laga Thomas Cup maupun Uber Cup.

Sebenarnya Bulutangkis itu permainan apa sih?
http://us.images.detik.com/content/2012/08/03/1437/simon.jpgBulutangkis adalah cabang olahraga permainan yang dimainkan dengan menggunakan raket. Bulutangkis wajib dimainkan seminimalnya dua orang (untuk tunggal). Namun bisa juga secara berpasangan yaitu dengan dua pasangan (untuk ganda). Bulutangkis merupakan perkembangan dari olahraga tenis. Dua olahraga ini sama-sama bertujuan untuk memukul bola permainan (kok) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah agar lawan melakukan hal yang sama.

Memangnya bagaimana sejarah dari permainan Bulutangkis itu?
Awalnya, Bulutangkis berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu. Diperkirakan, Bulutangkis ini dulunya adalah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket dengan misi untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Kemudian sejak zaman pertengahan permainan ini populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London dengan nama Battledores dan Shuttlecocks. Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang dan Thailand selagi mereka menjajah Asia dan kemudian menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat. Lalu di India, alat yang dulunya tanpa jaring ini dikembangkan dengan menambah jaring. Dan akhrinya mendapatkan nama Bulutangkis/ Badminton pada tahun 1850 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur permainan Inggris, berjudul "Badminton Battledore - a new game"

Kalau begitu apa saja sih peralatannya?

  • LAPANGAN : Walaupun sebenarnya bulutangkis bisa dimainkan dimana saja, namun lapangan tetap merupakan hal yang wajib diperhatikan. Lapangan bulutangkis berbentuk persegi panjang. Garis-garis yang ada mempunya ketebalan 40 mm dan harus berwarna kostras terhadap warna lapangan (putih/kuning) Permukaan lapangan dari kayu dengan jaring setinggi 1,55 m di tengah lapangan dengan warna gelap.
  •  RAKET : Wah kalau yang satu ini sih gak perlu ditanya lagi. Raket merupakan hal wajib untuk bermain bulutangkis. Raket terbuat dari komposit serat karbon (plastik bertulang grafit) yang memiliki kekuatan hebat. Raket disusun oleh senar yang kebanyakan memiliki ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18-30+ lb.
  •  KOK : Kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.

Waduh jadi main bulutangkis itu gimana ya?
Bulutangkis itu sebenarnya adalah permainan yang mudah kok. Bulutangkis ini terdiri dari 3 jenis pukulan yaitu:
  1. SERVIS : Pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Terdiri dari: servis pendek, servis panjang, sevis mendatar, dan servis cambuk
  2. LOB : Pukulan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan, yaitu dengan menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang atau dengan memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang.
  3. SMASH : Pukulan untuk menerbangkan shuttlecock yang diarahkan ke daerah lawan secara menukik dan sangat cepat, sehingga lawan tidak dapat menjangkau arah bola tersebut.
Hanya dengan 3 pukulan saja kita sudah bisa bermain bulutangkis dengan benar. So? Bulutangkis itu sebenarnya sangatlah mudah. Namun yang nomor satu pastinya latihan yang giat lah kunci dari kesuksesan olahraga permainan ini.

Nah itulah berbagai hal mengenai bulutangkis yang dapat saya bagikan. Menurut saya sendiri, sebenarnya bulutangkis adalah permainan yang asik dan tentu saja menyehatkan karena kekompakan kaki dan tangan saat bermain menyebabkan otot-otot menjadi semakin kuat. Marilah kita meneruskan kerja keras para atlet bulutangkis bangsa yang semakin lama semakin tidak terdengar itu menjadi semakin naik dan terus berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia. So guys, olahraga itu sangat penting! Maka marilah kita terus berolahraga dan mengharumkan bangsa! SALAM OLAHRAGA!:face44:

Regards,
Helena Keicya 

#beberapa info saya kutip dari id.wikipedia.org/wiki/Bulu_tangkis

0 komentar: