Jijik makan ceker?

Hey readers! Pada postingan kali ini, aku bakal ngebahas tentang kesehatan tulang nih.
Happy Reading!
 

Ceker? Apa tuh ceker?:face29:
Mungkin bagi sebagian orang kata ceker terdengar asing.
Nah, setelah melihat gambar di samping apakah kalian sudah bisa menerka gambar apakah itu? Yep, ceker ayam adalah kaki ayam.Ceker ayam jika diolah menjadi makan-makanan tertentu merupakan salah satu makanan favorit para pecinta kaki ayam ini. Ceker menjadi makanan wajib bagi ibu melahirkan dan anak-anak balita untuk masa pertumbuhannya. Tidak hanya itu, ceker juga bagus dikonsumsi oleh para remaja.

Ihhhh kaki ayam kok dimakan, apa gak jijik tuh?:face4:
Yep, ceker ayam sebenarnya makanan yang bagi sebagian orang di pandang sebelah mata. Kalau di suruh memilih antara ceker ayam dan daging ayam pastinya akan memilih daging ayam, betul? Mungkin karena bentuknya yang kurang menarik atau bahkan karena ceker ayam adalah anggota tubuh ayam yang memang ditakdirkan berhubungan atau menyentuh langsung dengan kotoran-kotoran ayam di tanah. Bahkan sebagian orang ada yang jijik melihat ceker ayam walaupun belum pernah merasakan nikmatnya ceker ayam, geli katanya? Kalau mengetahui cara mengolah ceker ayam dan bahkan kendungan nutrisi dalamnya pasti semua akan berfikir berbeda. Dan tidak akan menganggap dan memandang sebelah mata. Tahukan kalian bahwa manfaat dan khasiatnya sama dengan sirip ikan hiu yang hampir punah akibat perburuan, ceker ayam yang lebih mudah didapat punya kandungan nutrisi hampir sama.

Hmm... Jadi apa saja dong manfaat ceker ayam bagi kesehatan?:face17:
Bagi yang kepo mau tau apa saja manfaat kaki ayam ini, bisa ngeliatnya di bawah ini kok!

  • Memperbaiki kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Sama seperti sirip ikan hiu, ceker alias kaki ayam juga banyak mengandung kartilagi untuk melapisi persendian. Seperti yang diberitakan detikHealth sebelumnya, American Cancer Society pernah mengembangkan obat kanker dari bahan tulang rawan. Obat yang dibuat dari sirip hiu itu cukup efektif, namun bahan bakunya sulit diperolah dalam jumlah besar tanpa mengganggu keseimbangan biota laut. Dalam hal ini jika ikan hiu harus dilindungi, maka ceker ayam bisa mnejadi alternatif karena sama-sama banyak mengandung tulang rawan.  
  • Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi. Penderita hipertensi sangat dianjurkan mengonsumsi ceker ayam, baik juga bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.
  • Kandungan zat kapur dan sejumlah mineral sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam. Yang jelas, makan ceker ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik. Selain itu zat kapur juga berfungsi untuk mencegah pendarahan yang serius.
  • Kandungan HYDROXYAPATITEH adalah zat yang komponennya sama dengan komponen tulang dan lapisan keras mamalia. Hydroxyapatite, adalah makanan untuk tulang, yang berasal dari tulang binatang. Secara logika, memang makanan yang tepat untuk tulang adalah tulang. Dan salah satu makanan yang banyak mengandung hydroxyapatite adalah kaki ayam atau orang sering menyebutnya ceker ayam., Mencegah Osteoporosis juga menjaga elastisitas kulit.
  • Kandungan protein kolagen dalam ceker ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita. Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.
  • Glukosamin dan kondroitin, 2 senyawa yang berkhasiat sebagai antiradang alami. Sebuah penelitian di tahun 1995 membuktikan, kedua senyawa itu bisa meringankan gejala radang sendi atau osteoarthritis.
  • Cocok sampai usia lanjut. Ceker ayam ternyata kaya akan zat gizi yang dibutuhkan manusia, sejak masih dalam kandungan sampai usia lanjut. Komposisi zat gizi yang ada sangat kaya protein, mineral, omega-3 dan omega-6, serta rendah lemak. Omega-3 dan omega-6 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Menurut buku Nutrition Concepts and Controversies (2008) yang ditulis Frances Sizer dan Ellie Whitney,  omega-3 dan omega-6 berperan untuk pertumbuhan otak dan relaksasi pembuluh darah bagi tubuh serta membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh. 
  • Makanan wajib penderita sakit tulang. Menurut penelitian, kandungan zat kolagen yang terdapat di dalam ceker sangat berperan pada proses pertumbuhan tulang anak. Selain itu, untuk para lansia, ceker dapat membantu meredakan berbagai macam pernyakit tulang, seperti ostheporosis. Ceker dipercaya dapat menambah sedikit demi sedikit kalsium ke dalam tubuh.

Well to the well  to the well! :face44: Bener kan banyak banget manfaat dari kaki ayam ini. Makanya sering banget kita denger orangtua kita dulu selalu menyertakan ceker ayam ini disetiap masakan buat anaknya tercinta khususnya yang masih balita. Memang sih mereka beranggapan bahwa dengan memakan dan mengkonsumsi ceker dapat memperkuat kaki buah hatinya sehingga cepat bisa berjalan. Alasan yang klise dan sederhana banget, yang mungkin tidak masuk akal bagi kita yang hidup di jaman modern ini. Tapi setelah membaca artikel di atas sudah pantaskah kita untuk percaya? Hihihihi..... big hug




Gak kalah menariknya kan makanan-makanan di atas dibanding KFC?
Menarik, terjangkau, dan yang pasti SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN.
So tunggu apalagi guys! Mari ubah pandangan buruk kalian terhadap makanan kaya gizi ini.
Inget loh, tanpa tulang kita bukan apa-apa. Kita gak bakal bisa berdiri dan beraktivitas leluasa. 
So, it's all about "CEKER" semoga bermanfaat big grinbig grin 


Regards,
Helena Keicya

beberapa info dikutip dari:


0 komentar: