Kampanye Caleg Unik Anti Mainstream

Hey readers!
KAMPANYE yaa, oh kampanye. Siapa sih yang masih belum tau tentang kampanye. Sini-sini monggo dibaca.

Sebenarnya kampanye itu apa sih?:face66:
Dalam dunia politik Indonesia, kampanye diartikan sebagai sebuah upaya yang terorganisir bertujuan untuk memengaruhi proses pengambilan keputusan para pemilih dan kampanye politik selalu merujuk pada kampanye pada pemilihan umum. Pesan dari kampanye adalah penonjolan ide bahwa sang kandidat atau calon ingin berbagi dengan pemilih. Pesan sering terdiri dari beberapa poin berbicara tentang isu-isu kebijakan. Poin-poin ini akan dirangkum dari ide utama dari kampanye dan sering diulang untuk menciptakan kesan abadi kepada pemilih. Dalam banyak pemilihan, para kandidat partai politik akan selalu mencoba untuk membuat para kandidat atau calon lain menjadi "tanpa pesan" berkaitan dengan kebijakannya atau berusaha untuk pengalihan pada pembicaraan yang tidak berkaitan dengan poin kebijakan atau program. Sebagian besar strategis kampanye menjatuhkan kandidat atau calon lain yang lebih memilih untuk menyimpan pesan secara luas dalam rangka untuk menarik pemilih yang paling potensial. Sebuah pesan yang terlalu sempit akan dapat mengasingkan para kandidat atau calon dengan para pemilihnya atau dengan memperlambat dengan penjelasan rinci programnya. Misalnya, dalam Pemilu 2008 dari pihak John McCain awalnya mempergunakan pesan yang berfokus pada patriotisme dan pengalaman politik; pesan itu kemudian ditangkap dan diubah menjadi perhatian beralih ke peran sebagai "maverick" di dalam pendirian politiknya sedangkan Barack Obama tetap pada konsistensi, pesan yang sederhana yang "mengubah" seluruh kampanye itu. Dalam tekhnik kampanye politik kemenangan kandidat atau calon yang dilakukan di dalam jajak pendapatkan hanya dipergunakan sebagai agenda politik di kantor staf pemenangan kandidat atau calon.

Jadi cara-cara kampanye itu gimana aja?
Nah uda pada tau kan apa itu kampanye? Sekarang mari kita lihat cara-cara kampanye politik di Indonesia ini.
  1. Memasang baliho di jalan-jalan besar.
  2. Menyebarkan brosur door-to-door dan menjalin hubungan yang dekat dengan masyarakat untuk menarik perhatian.
  3. Penggunaan situs jejaring sosial seperti twitter, seperti lazimnya para pesohor di penjuru dunia yang mendekatkan dirinya melalui akun official twitter. Sehingga masyarakat dapat melihat “kecerdasan” Para Caleg dari tweet-tweet yang dikirim, fokus percapakan, kemampuan berkomunikasi, maupun seberapa banyak follower yang dimilikinya; 
  4. Terlibat langsung dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti menjadi sukarelawan maupun menjadi pengajar dalam sekolah rakyat anak jalanan/yatim piatu; 
  5. Menjadi pembicara dalam seminar publik; 
  6. Menulis buah pikiran di media massa (koran lokal/nasional) maupun akun penulisan opini pribadi (blog) tentang solusi permasalahan terkini. 

Ada gak cara kampanye yang anti mainstream kayak gambar diatas?
Gak pasaran? Anti Mainstream? Ini nih banyak berita mengenai kampanye-kampanye unik para caleg dari berbagai kota agar membuat orang tertarik untuk memilihnya. Yuk discrool!
Jakarta - Capres masang baliho di pinggir jalan sudah biasa, menempel foto di angkot dan bus juga sudah biasa. Tapi bakal capres PD Dino Patti Djalal punya cara unik berkampanye di pesawat terbang. Bagaimana ceritanya?

"Harus tebal muka, di pesawat selama penerbangan saya bawa buku kecil terus saya bagi buku ke penumpang sambil menyapa," kata Dino saat berbincang dengan detikcom, Rabu (29/1/2014).

Dino memang membuat buku kecil berjudul 'Nasionalisme Unggul: Bukan Hanya SLogan'. Buku ini berisi ide dan kutipan inspiratif dari mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat ini.

"Saya yakin kalau begini terus, orang akan simpati kepada saya," katanya.

Tak hanya bagi-bagi buku saja, Dino juga pernah berbicara dari cockpit pesawat Citilink yang terbang dari Jakarta-Denpasar saat akan meninjau persiapan KTT APEC di Bali.

"Kita terbang pada ketinggian 30.000 kaki dengan kecepatan 600 kilometer per jam. Cuaca di Bali cerah, namun tidak secerah masa depan Indonesia," kata Dino, seperti tertulis dalam buku kecilnya itu.

Kini mendekati babak final konvensi capres PD, Dino juga semakin giat blusukan. Salah satunya ke korban gunung Sinabung dan banjir di Jakarta.

"Yang paling nikmat, bicara dengan masyarakat dan mendengar. You find the problem dan menemukan ide tentang solusinya,, itu yang saya lakukan," pungkasnya.
REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Banyak cara dilakukan caleg untuk menyosialisasikan dirinya. Termasuk memilih cara unik seperti yang dilakukan caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Lampung.
Dengan gaya dan penampilan berbeda atau anti-mainstream, caleg PKS untuk DPR, Gufron Azis Fuadi, mengaku memilih untuk memajang foto dan permohonan dukungan agar masyarakat memilihnya.
Banyak caleg di Lampung yang menggunakan kaca belakang angkutan umum sebagai media sosialisasi. Umumnya dengan menempelkan gambar atau foto dan permohonan dukungan.
Kampanye Unik Caleg PKSNamun, gaya foto dan redaksi permohonan dukungan berbeda yang dipilih oleh Gufron.
Dia menggunakan foto yang telah diubah ke dalam format kartun. Redaksional permohonan pun dibuat unik dan mengingatkan pada sosok Pak Tarno, pesulap kocak, berupa tulisan "Tolong dibantu ya....prok-prok-prok".
Menurut Gufron, masing-masing caleg perlu kreatif agar sebagai caleg mudah diingat oleh para calon pemilih.
"Dengan format kartun tentu berbeda dari yang lain, dan mudah-mudahan masyarakat lebih ingat dengan model gambar seperti itu" kata Ketua DPW PKS Lampung itu.
"Apalagi permohonan, 'Tolong dibantu ya..., prok-prok-prok, menjadi unik dibaca atau didengar," ujarnya.
Hahaha lucu-lucu aja ya cara para calon caleg ini untuk mempromosikan dirinya. Tapi walaupun begitu mereka harus tetap menunjukan stamina kerja mereka bukan hanya sebatas omongan. Maka dari itu kita sebagai warga negara wajib untuk lebih selektif dalam milih wakil rakyat di meja pemilu nanti. Jangan asal pilih loh, harus yang memang benar-benar bisa membawa negri ini menjadi lebih baik dan baik lagi. Dan tentu saja agar politik Indonesia semakin berkembang. Ooops bukan berkembang korupsi nya tapi berkembang stamina kerja dan kualitasnya, jangan mau dianggap pecundang oleh negara-negara tetangga ya. Indonesia tetap Indonesia Jaya! Hidup Indonesia!
SALAM POLITIK!:face44:

Regards,
Helena Keicya
 

beberapa info dikutip dari:

0 komentar: