Panjat Pinang

Haiiiiiiiiii bloggers!big grin
Pada tau panjat pinang kan? Itu loh yang biasanya ada pas perlombaan tujuh belas agustus-an. Dan ternyata panjat pinang ini merupakan salah satu olahraga tradisional loh! Noh mari lestarikan olahraga-olahraga tradisional mulai sekarang (walaupun susah)! Hihi happy reading!

Panjat pinang? Hah?
Olahraga Panjat Pinang bukan berarti manjat pinang okey. Ini merupakan salah satu olahraga yang berasal dari zaman Belanda dulu. Dan seperti yang sudah sangat sering kita ketahui bahwa bangsa Belanda menjajah Indonesia dan membawa semua adat istiadat mereka ke Indonesia, dan dan dan salah satunya olahraga panjat pinang ini. Biasanya sih perlombaan ini populer pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Gimana mainnya?
Ops hanya dengan pohon pinang dan pelumas permainan ini sudah bisa dimulai. Caraaaanya begini:
Sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon.
Oleh karena batang pohon tersebut licin (karena telah diberi pelumas), para pemanjat batang pohon sering kali jatuh. Akal dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton. hadiah tersebut kemudian dibagikan kepada para peserta masing masing
Nah Panjat Pinang gak kalah tenarnya sama olahraga-olahraga lain, panjat pinang juga masuk dalam list Sea Games tauuk! Nomor-nomor yang dipertandingkan dapat banyak ragam yaitu: memanjat paling cepat, memanjat zigzag, memanjat pakai sarung, memanjat estafet, memanjat bolak-balik dengan gaya kaki di atas kepala di bawah, dan memanjat indah.

Kalo dilihaat dari jenisnya emang lucu ya, tapi itu kenyataan loh guys. Buktinya sekarang, SEA Games XXVI sudah berlalu. Sebelum pentas pesta olahraga se-Asia Tenggara digilir dua tahun kemudian, perayaan kemerdekaan yang mempertandingkan panjat pinang segera kita jelang, Agustus mendatang. Tidak usah bertanya, apakah para atlet panjat pinang Indonesia telah menjalani latihan secara intensif demi mempersiapkan diri jadi pemenang.

Nah walaupun dianggap sederhana, padahal banyak hal yang dapat dipetik dari atraksi panjat pinang, yang melukiskan upaya manusia untuk menggapai cita-cita dan aspirasinya. Aspirasi dan tujuan hidup merupakan sasaran yang membawa manusia tahu dan mengerti akan apa yang sedang dikerjakannya saat ini. Manusia yang malang bukanlah mereka yang tidak memiliki uang (miskin), namun mereka yang tidak mempunyai  tujuan dalam hidupnya. Usaha pencapaian cita-cita tersebut tidak bisa dilakukan sendiri tetapi harus melibatkan orang lain dalam relasi yang harmonis. Tampak pembagian tugas yang jelas, ada yang sebagai penahan beban dibawah, ada yang tugasnya menghilangkan dampak oli yang licin, dan ada yang siap di atas untuk meraih hadiah-hadiah yang tergantung.

Okey sekian dulu mengenai olahraga Panjat Pinang yang super duper keceh ini. Semoga permainan ini tidak pudar dari kehidupan yang semakin modern. SALAM OLAHRAGA!big grin

Regards,
Helena Keicya


beberapa info dikutip dari:

0 komentar: