Pentingnya Tidur Untuk Kesehatan Remaja


Bonjourrr guys!big grin
Di postingan kali ini nih, Helena bakal nulis tentang pentingnya tidur yang cukup bagi kesehatan kita para remaja guys! Keseluruhan isi dari post ini adalah asli copyright atas nama HELENAKEICYA wokeh! Jadi ya mohon kemaklumannya jika ada yang kurang berkenan di hati para hadirin. Hihihi happy reading!

Guys... Menurut kalian tidur itu sepenting apa sih bagi tubuh kalian?
Apakah hanya sebatas untuk menghilangkan penat?
No no no! Tidur itu adalah salah satu syarat untuk bisa mendapatkan tubuh yang lebih baik.big grin


Why?
Karena pada saat tidur, segala aktivitas berat dihentikan. Kerja otak didinginkan dari kerja berpikir, anggota tubuh lainnya juga berkesempatan untuk beristirahat sejenak dari aktivitas berat.
Jadi tidak lain dan tidak bukan, bahwa tidur itu sangat penting untuk kerja metabolisme tubuh.

Lalu?
Nahh... Seperti yang saya denger-dengar juga, tidur yang cukup itu sangat baik untuk tubuh. Dan bisa mengakibatkan penurunan berat badan, yang berbanding terbalik dengan perkataan orang dulu yang kalo tidur itu malah mengakibatkan tubuh semakin gemuk. Sebetulnya, bukan hanya penurunan berat badan yang akan didapat dengan waktu tidur yang cukup bagi remaja, tapi ada manfaat lainnya yang bisa diperoleh, antara lain adanya peningkatan prestasi akademis, kemampuan fisik dan kesehatan, dapat menurunkan angka sakit, absensi, keterlambatan, kenakalan dan kekerasan dikalangan remaja. 
Selain itu, dengan cukupnya waktu tidur, maka akan menghilangkan rasa kantuk dalam setiap aktifitas kita. Nah, kondisi kantuk dapat menyebabkan hal-hal negative seperti kurangnya konsentrasi, ceroboh, serta mudah lupa. Nafsu makan juga juga akan mengalami peningkatan dari adanya rasa kantuk ini.

Jadi?
Karena seperti yang kita lihat banyak sekali remaja yang hanya memiliki waktu tidur sangat minim, yaitu 3-4 jam atau bahkan ada pula yang hanya 1-2 jam. Hal ini sangat gawat jika dilakukan secara terus menerus. Bisa-bisa sampai menyebabkan paru-paru rusak dan tidak berfungsi lagi. 
Jadi ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa kebutuhan tidur bagi seseorang adalah 8 jam / harinya. Tapi ini ternyata tidak berlaku dengan kebutuhan tidur para remaja. Remaja hingga dewasa muda ternyata membutuhkan waktu tidur antara 8,25-9,25 jam perharinya. Untuk itulah mari atur waktu bekerja kita dengan waktu tidur agar sesuai dan tubuh tetap prima. 

Emangnya kenapa?
Karena banyak sekali loh kejadian-kejadian yang telah di survey terhadap remaja yang sangat kurang tidur. Mereka yang termasuk kekurangan tidur ini menunjukkan perilaku-perilaku yang berbahaya, seperti 
  • bunuh diri
  • merokok
  • meminum minuman keras
  • keputusasaan atau sedih
  • penyalah gunaan narkoba
  • seks pranikah
  • tindakan kasar dan perkelahian

Perilaku-perilaku ini juga tidak menutup pada perilaku remaja dalam mengkonsumsi minuman bersoda, tidak aktif bergerak, bermain computer lebih dari 3 jam dan perilaku-perilaku lainnya yang intinya memberi dampak negatif pada tubuh dan kesehatan mereka sendiri.

Hmm... Serem juga kan kalo dipikir-pikir. Karena tanpa kita sadari kita sebagai remaja juga sangat sering melakukan ini. Oleh sebab itu marilah kita ubah cara hidup kita. Jangan sampai deh kita masuk ke dalam konflik-konflik tersebut.
Nah mulai sekarang ayo tidur yang cukup! 8-9 jam perharinya! Tapi ingat! Jangan kebanyakan tidur juga, malah makin bahaya untuk kesehatan! So?
MARI HIDUP SEHAT!:face17:

Regards,
Helena Keicya

0 komentar: